·         Melakukan Perhitungan dengan Lebih Teliti

kamu dapat lebih cermat untuk melakukan perhitungan mulai dari berapa dana yang perlu dikeluarkan saat ingin membeli rumah. Perhitungan tersebut melakukan perhitungan seperti uang cicilan, pajak, bunga, asuransi dan biaya-biaya lainnya.

Seringkali ditemukan permasalahan terkait adanya penawaran rumah dengan nol dp namun cicilan per bulannya selangit ataupun sebaliknya. Penting untuk kamu melakukan perhitungan dengan lebih teliti agar tidak menyusahkan anda kedepannya. Mulai dari memastikan bahwa cicilan tersebut tidak lebih dari 30% dari pendapatan baik itu kamu yang masih sendiri maupun berpasangan, Dan juga pastikan tidak ada cicilan berjalan lainnya sebelum anda membeli rumah. Jika ada pastikan penghasilan anda mampu mengcover semua cicilan yg ada.

·         Membandingkan Sumber Pinjaman

Tentunya saat mengajukan untuk membeli sebuah rumah, maka pihak developer akan menawarkan beberapa pilihan baik itu cicilan maupun KPR, pastikan kamu membandingkan segala tawaran yang ada dan disediakan oleh bank. Biasanya setiap bank ini akan memberikan skema yang berbeda-beda mulai dari apakah menggunakan bunga yang fixed, floating maupun lainnya.

Jangan takut untuk menanyakan terkait skema-skema yang ditawarkan sejelas-jelasnya agar tidak ada ‘skema baru’ yang muncul di tengah-tengah KPR yang sudah berjalan.

·         Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Ketika memutuskan untuk mengajukan kredit rumah tentunya anda harus sudah siap dengan segala proses yg ada dari pihak bank, terutama soal BI checking dimana ini bertujuan untuk mengecek Riwayat kredit yg ada pada anda, jika anda belum pernah melakukan kredit sebelumnya mungkin tidak masalah, tetapi apabila anda memilik Riwayat kredit sebelumnya, pastikan semuanya berjalan dengan baik, dan tidak ada masalah apapun ,karna itu akan mempengaruhi proses pengajuan anda.

·         Melakukan Survey Lingkungan Rumah

Kamu harus melihat dan menyesuaikan lokasi yang dipilih dengan pola hidup dari kamu serta keluarga. Selain itu dengan memilih lingkungan rumah yang tepat dan juga agar properti tersebut dapat memiliki nilai yang baik di masa depan.

·         Memilih Rumah dengan Lebih Tepat

Hal penting membeli sebuah rumah bukanlah soal ukuran dan ‘kecantikan’ dari rumah tersebut namun ada hal lain yang perlu diperhatikan seperti dari lokasi, struktur dan hal lainnya yang dapat membuat rumah tersebut memiliki nilai yang tinggi dan berkembang cepat.

 

SEKIAN TIPS YG BISA MENJADI REFERENSI BUAT ANDA YG INGIN MEMBELI RUMAH